Sabtu, 27 Oktober 2012


CARA KALIBRASI DOSING PUMP
Berikut ini adalah cara untuk kalibrasi dosing pump:
o  Nyalakan monitor dosing pump
o  Setelah itu kita lihat disebelah samping kanan monitor ada 2 filter kecil berbentuk botol berwarna biru dan kuning dengan ukuran ketinggian kira-kira 10 cm.  Botol yang berwarna biru adalah botol untuk cairan PH, dan yang berwarna kuning adalah botol untuk cairan REDOX.
o  Pertama-tama kita kalibrasi botol PH, yaitu kita lepas dan angkat ujung botol yang berwarna biru kemudian kita angkat sensor yang berbentuk seperti dot berwarna biru. Sensor tersebut kemudian disiram dengan air mineral sebatas garis putih. Setelah itu, tekan set pada layar selama 5 detik sehingga pada layar bertuliskan calibration dan di bawah tulisan calibration ada tulisan RX REDOX. Karena kita akan mengkalibrasi cairan PH, maka tekan tombol ke bawah dan kita temukan tulisan PH. Klik enter. Kemudian kita celupkan cairan tersebut ke dalam botol yang telah kita bawa, yang berupa cairan PH berwarna merah ( PH 07 ). Setelah dicelupkan maka monitor akan membaca cairan tersebut sampai beberapa puluh detik. Kita biarkan sensor di dalam cairan PH tersebut hingga detik pada monitor selesai, setelah selesai tekan enter dan bersihkan sensor dengan air mineral dengan cara menyiramnya. Setelah dirasa cukup bersih, masukkan lagi ke dalam cairan PH yang berwarna hijau, dan monitor akan membaca cairan tsb. Tunggu hingga beberapa detik sesuai pada monitor sampai selesai. Setelah selesai kita masukkan sensor pada botol semula lagi, dan berarti proses  untuk kalibrasi PH selesai.
o  Setelah kalibrasi PH selesai, kemudian kita kalibrasi untuk cairan RE REDOX , pertama tama kita lepas tutup botol sensor redox yang berwarna kuning, dan sensor cairan tersebut diangkat dari botolnya. Kemudian kita bersihkan sensor tersebut dengan air mineral, setelah itu, kita tekan tombol set selama 5 detik, dan kita dapatkan pada monitor tulisan calibration, dan dibawahnya tertera tulisan RX REDOX, maka kita tekan enter. Setelah itu kita masukkan sensor RX REDOX ke dalam cairan berwarna kuning / yang bertuliskan  Nyalakan monitor anti alage, kemudian tekan tombol program selama 5 detik hingga tulisan menunjukkan program 1, tekan enter, enter lagi pump fungsion, dan muncul set weekley ( mingguan ) dan tekan enter, kemudian muncul jam, set jam sesuai keinginan, dengan cara pencet tombol ke atas atau bawah, tekan enter, hingga angka timer tak berkedip. Setelah itu tekan tombol ke bawah, hingga muncul tulisan quantity. Set quantity sesuai keinginan (dalam satuan ml). Tekan enter, setelah itu tekan esc secara berkali-kali  hingga ada tulisan not save, klik krusor ke bawah hingga muncul tulisan save, kllik enter. Maka program selesai dibuat, bila layar utama ada tulisan stop maka tekan tombol start/stop. Maka program telah berjalan sesuai yang telah diprogramkan.


CARA MENGGUNAKAN ABB MONITOR
Di dalam box ada tombol EXIT, ENTER, LOC/REM (LOCALE / REMOTE), START, STOP.
Tombol Exit digunakan untuk mengembalikan perintah/program.
Tombol Enter untuk memilih/menentukan program.
Tombol Loc (local) berarti pengoperasian sistem tersebut secara manual. Jadi bila pada monitor menunjukkan loc, maka sistem pompa dijalankan secara manual.
Tombol Rem (Remote) berarti pengoperasian sistem tersebut secara otomatis (sistem pompa berjalan secara otomatis).
Tombol Start untuk menghidupkan sistem pompa bila diijalankan secara manual ( bila sudah dalam sistem loc/manual ).
Tombol Stop untuk mematikan pompa secara manual ( bila dalam sistem loc/manual ).
Setelah kita mengenali beberapa fungsi tombol yang berada pada motherboard panel abb, Maka kita akan memulai seting melalui timer. Cara menyeting timer di panel water feature sama dengan sistem di pound depan.
Selesai mengeset timer pada panel, kemudian Mengeset program pada motherboard. kita nyalakan motherboard program dengan menekan switch, setelah kita nyalakan maka kita dapatkan pada layar tulisan LOC atau REM, jika pada posisi LOC berarti sistem pompa dalam kondisi secara manual, tapi kita akan mengoperasikan pompa secara otomatis, maka kita ubah posisi LOC ke REM, dengan cara klik tombol LOC/REM, setelah pada posisi REM klik ENTER untuk mengeset besar atau kecil Frequensi pompa. Setelah kita enter maka kita cari pada monitor pada posisi PARR, setelah kita posisikan pada posisi par kita klik ENTER. Setelah itu kita dapatkan angka puluhan, ( Nb : pada manual book untuk mengeset Freq pompa pada list 2007 ). Setelah kita dapatkan angka puluhan kita set ke angka 20, dikarenakan kita set dua angka pada awal di list manual books, ( contoh : jika di list manual book menunjukkan angka 2007, maka kita ambil dua angka didepan, contoh lain : misal angka 1202, kita set pada angka 12 ). Setelah kita set angka puluhan pada angka 20 dengan menekan tombol ke atas atau ke bawah, setelah tepat pada angka 20 maka selanjutnya kita tekan ENTER. Selesai mengeset angka puluhan kita akan dapati pada monitor berada pada angka 20ribuan, maka kita set angka 20 ribuan tersebut ke angka 2007,dikarenakan di manual book menunjukkan untuk mengeset Freq pada list no 2007 ). Setelah kita set pada angka 2007, kita tekan ENTER. Setelah kita enter maka kita dapatkan pada monitor berupa angka puluhan. Angka tersebut adalah freq dari pompa, kita bisa mengeset freq tersebut dengan menekan tombol enter selama 2 detik hingga angka pada monitor berkedip, ( Nb : Freq pompa hanya dari 0 s/d 50, maka max angka yang kita masukkan adalah angka 50 ). Setelah kita set sesuai dengan kebutuhan kita, semisal kita ingin mengeset freq pompa secara max kita set pada angka 50 dengan cara menekan tombol arah atas atau tombol arah bawah hingga kita memposisikan pada angka 50, kemudian kita tekan enter. Setelah selesai kita tekan EXIT. Maka program sudah berjalan secara otomatis mengikuti timer yang sudah di set.

CARA UNTUK MENGATUR TIMER PADA POUND DEPAN
A.        Cara menyetel timer pada pound depan , ada timer dari angka 1 sampai 24. Terdiri dari 2 timer, pertama TC-1 dan TC-2, yang TC-2 untuk timer pompa filter. Sedangkan TC-1 untuk timer Pompa Sumersible untuk nozzle. Bila ingin mengeset dari jam 10 siang sampai 10 malam. Maka langkah pertama adalah kita lihat pada kotak timer TC-1, di situ kita dapatkan ada urutan angka dan bila kita putar ke arah atas maka ada angka 1 s/d 24, pergerakan angka sesuai jam, antar jam ada 4 strip dan tiap setripnya memiliki 15 menit. Dan disamping angka ada switch yang bisa kita geser kekanan dan kekiri, bila kita grser ke kanan/ mendekati angka maka pada angka yang kita berikan geseran ke kanan pompa akan menyala pada waktu tersebut. contoh untuk mengeset pada waktu 10 pagi hingga 10 malam yakni pada TC-1 ada tombol geser, maka kita geser kearah kanan / ke arah angka, yang angga 10 hingga 22 ( Nb : kita putar ke arah atas ), dan TC-2 di set sama dengan TC-1. Setelah itu set waktu sesuai jam pada saat anda menyetel degan memutar ke arah atas lagi ( Nb : harus diset sama dengan waktu yang menunjukkan angka saat anda mengeset timer ) , agar saat menyala dan mati sesuai yang diinginkan, sesuaikan jam sekarang sesuai pin yang di bawah angka, setelah itu klik auto yang berada pada bawah angka. Dan switch auto pada papan depan. Maka Pompa Sumersible dan Pompa filter bekerja secara otomatis dari jam 10.00 s/d 22.00 . (Nb. Bila power central mati atau padam, maka kita harus set timer sesuai keterlambatan waktu mati / kita set waktu sekarang sesuai pin yang ada pada bawah angka.

B.        Cara untuk membersihkan tabung filter. Langkah pertama lihat posisi pressure pada atas filter, ( Posisi normal 6 bar ) , bila melebihi hingga 10 bar, maka kesimpulannya filter dalam keadaan kotor. Langkah untuk membersihkan tabung filter adalah sbb :
·      Bila pompa masih menyala, tekan off pada switch depan untuk pompa filter yang ada sebelah kanan ( bila kita menghadap panel ), kemudian pada samping filter ada butterfly valve yang ada tulisan, tekan kebawah handle lalu putar kearah backwash. Kemudian nyalakan pompa filter. Tunggu hingga 3 menit. Setelah itu matikan pompa lagi, dan putar handle kearah recycle, dan nyalakan pompa lagi, tunggu 3 menit. Kemudian matikan pompa filter, dan putar handle pada posisi filter. Nyalakan pompa lagi pada posisi automatic. SELESAI

Untuh schedule membersihkan filter : di awal mulai nyala, lebih baik dua kali dalam satu minggu. Bila air terbiasa bersih dapat dilakukan secara satu kali seminggu. Bila filter pound sudah terlampir. Di filter water feature kita buka main hole dan buka cemicale ( clorin ) yang berbentuk botol agak kecil. Di dalamnya kita tarug 5 butir jenis clorine , bila di indonesia ada sebutan caporite. Kita masukkan ke danlam tabung sebelum pompa nyala, di tabung filterkita cukup mematikan pompa dan setelah itu buka tutup atas dan angkat filter, lalu bersihkan. ( nb : di tabung ada 4 lubang, yang 2 sudah terisi inlet dan outlet pipa, dan masih ada 2 lubang sisa,, maka bila pompa menyala dan memiliki pessure, maka dua lubang yang sisa bisa longgar atau lepas, bila terjadi kita cukup matikan pompa dan kita lem tutup yang lepas ). Bila sebelum menyalakan pompa filter di water feature, kita terlebih dulu buka seluruh valve yang satu instalasi filter, dan bila masih belum ada air, maka kita set pompa filter yaitu dengan membuka valve bawaan pompa,yang berwarna biru.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar