Sabtu, 27 Oktober 2012

training fire fighting


MAKALAH TRAINNING FIRE FIGHTING
PROYEK GRAND ARTOS AEROWISATA HOTEL


A.      SISTEM SPRINKLER
Sistem  sprinkler pada proyek GRAND ARTOS AEROWISATA HOTEL pada dasarnya taping dari instalasi existing dari mall area, dan terdiri dari dua zone dalam dua riser. Dan pada tiap – tiap lantai terdapat BCV set dan Flow Switch.
1.       Mengenal Beberapa Accesories yang ada pada instalasi sprinkler :
a.       BCV ( Branch Control Valve ) : berfungsi untuk valve open close secara manual ataupun automatic.
b.      Flow Switch : Berfungsi sebagai indikasi aliran air pada suatu instalasi dan untuk memberi signal pada sistem MCFA.
c.       Head Sprinkler : Accesories yang berfungsi sebagai aliran air pemadam kebakaran untuk menyebarkan air pada suatu ruangan yang dikontrol oleh air rakasa yang terdapat pada accesories tersebut yang pecah bilamana suhu melebihi raksa tersebut, dan accesories ini terletak pada plafond atau dinding.
d.      Test Drain : Accesories yang terdiri dari gate valve dan sight glass yang terletak setelah Flow switch yang berfungsi drain instalasi maupun test fungsi instalasi .
2.       Mengenal Zone sprinkler :
a.       Zone 1: zone 1 terdiri atas beberapa area, yakni lantai Lower Hotel, Ground Hotel, Mezzanine Hotel, Upper Groung Hotel, Lantai 2 s/d Menara Pandang. Dan pada tiap – tiap lantai terdapat BCV set dan Flow Switch.
b.      Zone 2 : 1 terdiri atas beberapa area, yakni lantai 1, dan terdapat dua buah BCV set dan Flow Switch di lantai tersebut.

B.      SISTEM HYDRANT
Sistem Hydrant pada proyek GRAND ARTOS AEROWISATA HOTEL pada dasarnya taping dari instalasi existing dari mall area dan terdiri dari  dua riser.
1.       Mengenal Beberapa Accesories yang ada pada instalasi Hydrant :
a.       Box Hydrant : Box yang terbuat dari plat dan difungsikan sebagai letak accesories fire hydrant.
b.      Landing Valve : Digunakan untuk conecting open close valve untuk air hydrant pada tiap – tiap box hydrant.
c.       Angle Valve : Digunakan untuk koneksi supply air dari external ( dari mobil pemadam kebakaran ).
d.      Fire Hose : Yakni selang pemadam kebakaran dengan panjang 30 m.
e.      Nozle : Berfungsi untuk stik ujung selang pemadam kebakaran untuk memfokuskan aliran air sesuai dengan kebutuhan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar